Cara Copy Paste (Copas) Website yang Tidak Bisa Dicopy

Diposting pada

Bagi pemilik website yang benar-benar memperhatikan isi artikelnya, sebisa mungkin akan menjaga keaslian artikel yang dimiliki. Oleh karena itu, tak jarang ada pemilik website yang sengaja memasang fitur anti copas sehingga artikelnya tidak bisa di copy paste.

Dengan aksi tersebut, terkadang malah membuat pembacanya kesulitan ketika hendak mencopy poin penting pada artikel tersebut. Salah satu contohnya adalah seorang pelajar yang akan menjadikan artikel sebagai materi tugas dari gurunya.

Tapi tenang, untuk Anda yang sedang menemukan website yang tidak bisa dicopy, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusinya. Silahkan pilih cara yang menurut Anda paling mudah dilakukan dan memang memungkinkan untuk Anda lakukan.

Cara Mengatasi Website Tidak Bisa Dicopy Paste

Pada praktik kali ini, saya menggunakan browser Google Chrome. Untuk Anda yang menggunakan browser lain, mungkin bisa menyesuaikan saja ya, silahkan gunakan Chrome juga. Jika tetap ingin menggunakan browser lain juga tidak masalah, caranya tidak jauh berbeda kok.

Absolute Enable Right Click & Copy

Kita semua pasti sudah tahu kalau Google Chrome memiliki banyak sekali ekstensi yang mendukung aktivitas penggunanya, termasuk untuk copy paste website yang tidak bisa dicopy ini. Ekstensi yang saya maksud adalah Absolute Enable Right Click & Copy.

Dengan memasang ekstensi ini di Google Chrome, Anda akan menonaktifkan plugin maupun fitur anti copas yang dipasang oleh pemilik website. Dengan begitu, Anda sudah bisa melakukan copy paste pada artikel yang Anda kehendaki.

Oke langsung saja, berikut caranya:

  1. Pertama, download dan install ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy.cara copy paste website yang tidak bisa dicopy
  2. Setelah ekstensi berhasil diinstall, buka artikel yang ingin Anda copy paste.
  3. Klik icon ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy pada bar Google Chrome lalu aktifkan fitur Enable Copy seperti gambar di bawah ini.cara mengcopy website yang tidak bisa dicopy
  4. Selesai.

Setelah mengaktifkan fitur Enable Copy pada ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy, Anda sudah bisa melakukan copas pada website yang tidak bisa dicopy.

Untuk pengguna Mozilla Firefox, caranya juga tidak jauh berbeda kok, Anda bisa menggunakan add-ons Absolute Enable Right Click & Copy juga. Pengaplikasian addons tersebut bisa Anda lakukan secara mandiri, tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

Matikan Javascript pada Web Browser

Sependek pengetahuan saya, plugin anti copas pada website memerlukan javascript agar fungsinya bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya javascript, fungsi tersebut tidak akan berguna sehingga website tetap bisa dicopy paste.

Nah, karena Google Chrome menyediakan pengaturan untuk menonaktifkan javascript pada website, Anda bisa menggunakan pengaturan tersebut. Tidak sulit kok, hanya butuh beberapa langkah saja yang jika dipraktikkan tidak sampai 1 menit.

Berikut caranya:

  1. Silahkan buka alamat chrome://settings/content/javascript
  2. Pada bagian Block, silahkan klik Add.
  3. Setelah itu masukkan alamat blog (URL) yang tidak bisa dicopy paste lalu klik Add.cara mengcopy tulisan di website yang tidak bisa dicopy
  4. Selesai.

Cara ini memang terbilang mudah untuk mengatasi website yang tidak dicopy. Namun, kekurangannya adalah (terkadang) tampilan website akan menjadi berantakan karena javascriptnya dinonaktifkan. Tapi tidak masalah karena Anda masih tetap bisa melakukan copy paste.

Menggunakan Dialog Print pada Browser

Saat ini, hampir semua web browser memberikan kemudahan penggunanya untuk mencetak halaman website secara langsung. Jadi, secara otomatis browser akan membuatkan semacam format print yang hampir mirip dengan Microsoft Word.

Nah, format yang diberikan oleh web browser akan ditampilkan kepada Anda. Jadi, nantinya Anda akan melihat preview dari format tersebut. Sudah deh, pada preview tersebut, Anda sudah bisa melakukan copy paste pada website yang tidak bisa dicopas.

Singkatnya, Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Buka website yang ingin Anda copas.
  2. Tekan CTRL+P untuk memunculkan dialog print.
  3. Silahkan copy bagian yang ingin Anda copy dan paste ke tempat yang Anda inginkan.cara copy website yang tidak bisa dicopy
  4. Jika sudah selesai melakukan copy paste, klik Cancel saja.
  5. Selesai.

Oh ya, untuk pengguna browser lain, caranya sama saja kok. Anda hanya tinggal menekan tombol CTRL+P dan sudah bisa melakukan copy paste melalui preview dialog print.

Menggunakan Fitur Inspect Element Browser

Sebenarnya, dengan ketiga cara di atas, Anda sudah bisa copy paste website yang tidak bisa dicopy. Namun, jika Anda ingin mengetahui cara lain, Anda bisa menggunakan fitur Inspect Element yang sudah disediakan oleh hampir semua browser.

Berikut caranya:

  1. Buka website yang ingin Anda copas.
  2. Lakukan Inspect Element dengan menekan tombol CTRL+I atau bisa juga Klik Kanan > Inspect seperti gambar di bawah ini.cara copas website yang tidak bisa dicopas
  3. Jika sudah, Anda akan melihat tampilan highlight paragraf yang Anda inspect element tadi. Untuk mencopy paragraf tersebut, tinggal klik kanan > Copy > Copy element.
  4. Selesai.

Cara ini sekadar alternatif saja ya, karena untuk kebanyakan orang, mungkin caranya terbilang kompleks. Pada intinya, Anda bisa melakukan copy paste melalui element yang ditampilkan oleh web browser.

Sekadar info, terkadang hasil copas dari website ke Microsoft Word sering tidak sesuai dengan harapan karena hasilnya berantakan. Agar hasilnya bisa rapi, Anda bisa membaca artikel Cara Copas dari Internet ke Microsoft Word Agar Rapi.

Itulah beberapa cara copy paste website yang tidak bisa dicopy menggunakan web browser. Kalau saya pribadi, lebih sering pakai cara pertama karena sangat mudah. Kalau Anda, lebih suka pakai cara nomor berapa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *