Cara Uninstall Aplikasi di Laptop (Windows & Mac) Lengkap

  •  

Cara meng-uninstall aplikasi di laptop sangat penting untuk diketahui para pengguna. Pasalnya, aplikasi yang terlalu banyak dapat mendatangkan masalah bagi laptop itu sendiri. Pada artikel ini, berbagai cara uninstall aplikasi di laptop Windows dan Mac akan dibahas secara detail. Simak sampai habis, ya!

Sebelum mengetahui cara meng-uninstall aplikasi, ada baiknya jika pengguna mengetahui masalah apa yang akan terjadi jika laptop kebanyakan aplikasi terlebih dahulu. Saat hard disk di laptop terlalu penuh, kinerja laptop akan menurun. Selain berjalan dengan lambat, sistem laptop juga akan sering crash.

Laptop memang membutuhkan ruang kosong untuk menyimpan berbagai data. Terlalu banyak aplikasi dapat membuat laptop tidak lagi memiliki ruang kosong hingga terjadi crash. Selain itu, terlalu banyak aplikasi juga dapat membuat laptop tidak bisa memasang update atau pembaruan sistem. Padahal, pembaharuan sangat penting untuk memperbaiki kinerja laptop. 

Aplikasi yang menumpuk di hardisk juga dapat menyebabkan kerusakan data pada laptop. Jika pengguna membuka file dalam keadaan ruang penyimpanan yang penuh, maka file yang disimpan akan rusak. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pengguna perlu mengetahui cara mengatasinya.

Selain hal di atas, melakukan uninstall aplikasi di laptop juga bisa digunakan untuk menghilangkan iklan. Seperti artikel sebelumnya yakni cara menghilangkan iklan di laptop, uninstall terbilang cukup efektif untuk menghilangkan aplikasi penyebab munculnya iklan di laptop.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 

Berbagai permasalahan yang terjadi akibat terlalu banyak aplikasi di laptop tentu saja hanya dapat diatasi dengan meng-uninstall aplikasi. Ada banyak sekali cara meng-uninstall aplikasi yang dapat dicoba pengguna. Berikut ini adalah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop OS Windows:

1. Menggunakan Menu Start

Pertama, pengguna dapat meng-uninstall aplikasi di laptop dengan menggunakan menu Start. Cara ini menjadi yang paling mudah dan sederhana. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk menghapus aplikasi lewat menu Start:

  1. Pertama, pilih Start dengan cara menekan Windows Key di keyboard.
  2. Selanjutnya, cari ubin program yang sering disebut sebagai tile untuk dihapus.
  3. Setelah itu, arahkan kursor pada tile dan klik kanan.
  4. Pilih opsi Uninstall dan aplikasi akan ter-uninstall secara otomatis.
  5. Selesai.

Lantas, bagaimana caranya jika aplikasi yang ingin dihapus tidak terdapat pada menu Start? Tenang saja, pengguna dapat melihat daftar aplikasi yang tersimpan dengan menekan menu Drop-down. Pengguna dapat mencari aplikasi dan melakukan cara yang sama untuk menghapusnya.

2. Menggunakan PC Settings

Tak kalah dari cara pertama, pengguna ternyata dapat memanfaatkan PC Settings untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan mudah. Untuk cara yang kedua ini, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan tekan Start lalu klik Settings pada menu tersebut.
  2. Setelah halaman PC Settings terbuka, klik Apps untuk menampilkan daftar aplikasi di Windows.
  3. Pada Apps & features silahkan pilih aplikasi yang ingin dihapus lalu klik Uninstall.
  4. Lakukan uninstall sesuai dengan arahan dari aplikasi.
  5. Selesai.

3. Menggunakan Control Panel

Selanjutnya, pengguna dapat meng-uninstall aplikasi lewat fitur Control Panel. Caranya pun sangat mudah. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk uninstall aplikasi di laptop lewat Control Panel:

  1. Pertama, buka Control Panel terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, halaman Control Panel akan tampil di layar laptop. Pada bagian Programs, silahkan pilih menu Uninstall a program.
  3. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus lalu klik kanan. Setelah muncul pilihan, klik saja Uninstall.
  4. Selanjutnya, setujui permintaan dan persetujuan uninstall dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
  5. Selesai.

4. Menggunakan Revo Uninstaller

via revouninstaller.com

Di laptop Windows, pengguna juga dapat menggunakan Revo Uninstaller sebagai alternatif untuk menghapus aplikasi yang sudah diunduh. Bahkan, Revo Uninstaller mampu menghilangkan berbagai aplikasi yang sulit untuk dihapus. Selain itu, cara menggunakannya pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, download dan instal program aplikasi Revo Uninstaller.
  2. Setelah proses pengunduhan selesai dengan sempurna, buka aplikasi dan lihatlah daftar aplikasi yang ada di laptop.
  3. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin dihapus. Pengguna juga dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan ukurannya terlebih dahulu. Perlu dipertimbangkan, semakin besar ukuran aplikasi, maka akan semakin banyak pula memori yang dibutuhkan.
  4. Untuk menghapus aplikasi, klik kanan pada aplikasi pilihan dan tekan tombol Uninstall. Agar lebih mudah, pengguna juga dapat menekan aplikasi pilihan sebanyak dua kali hingga muncul kolom konfirmasi penghapusan aplikasi.
  5. Lalu, klik tombol Yes dan tunggu hingga proses uninstall selesai.

5. Menggunakan CCleaner

via ccleaner.com

Terakhir, pengguna dapat memanfaatkan CCleaner sebagai aplikasi pihak ketiga untuk menghapus berbagai aplikasi di laptop Windows. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Piriform Ltd ini memiliki 4 menu utama, yakni Cleaner, Options, Registry, dan Tools.

Dari keempat menu tersebut, ada salah satu menu yang menyediakan opsi Uninstall. Menu tersebut adalah Tools. Cara menghapus aplikasi di laptop Windows lewat aplikasi CCleaner ini juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, download dan install aplikasi CCleaner.
  2. Lalu, buka aplikasinya dan pilih menu utama Tools.
  3. Klik Uninstall dan cari aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Jika sudah ditemukan, pada aplikasi tersebut, klik kanan dan pilih Uninstall.
  5. Aplikasi akan terhapus secara permanen dari laptop pengguna.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Mac

Antusiasme masyarakat terhadap laptop Mac kian meningkat dari hari ke hari. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya jumlah penjualan laptop Mac. Menurut laporan dari Gartner, jumlah penjualan laptop Mac sepanjang kuartal II-2020 saja sudah mencapai 4,4 juta unit.

Dari sekian banyak pengguna laptop Mac, masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui cara meng-uninstall aplikasi. Untuk itu, artikel ini memberikan cara mudahnya agar pengguna baru dapat mengikutinya. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Menggunakan Launchpad

via apple.com

Pertama, pengguna laptop Mac dapat menghapus aplikasi yang diunduh di App Store lewat Launchpad. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pertama, buka Launchpad lewat folder Aplikasi atau klik di Dock. Pengguna juga dapat membukanya dengan cara menjepitkan ibu jari dan ketiga jari lainnya di trackpad. Selain itu, membuka Launchpad juga dapat dilakukan dengan mengetikkan namanya di kolom pencarian.
  2. Selanjutnya, pengguna dapat menekan tombol Option pada Launchpad atau menahan aplikasi hingga bergetar.
  3. Setelah itu, klik tombol X yang ada di samping aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Klik option Hapus untuk mengkonfirmasi penghapusan aplikasi.

2. Menggunakan Finder

via imore.com

Jika aplikasi tidak diunduh dari App Store, pengguna laptop Mac dapat menghapus aplikasi lewat Finder. Caranya pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pengguna perlu mencari aplikasi di Finder. Hampir semua aplikasi akan tersimpan pada folder Aplikasi di bar jendela Finder. Pengguna juga dapat menggunakan Spotlight untuk membantu proses pencarian aplikasi.
  2. Jika sudah ditemukan, klik tombol Command secara terus menerus sambil menekan aplikasi sebanyak dua kali.
  3. Selanjutnya, pilih aplikasi tersebut dan klik File.
  4. Pilih opsi Pindahkan ke Tong Sampah. Dock akan menampilkan ikon tempat sampah di bagian kanan layar.
  5. Untuk menghapus aplikasi secara permanen, pilih Finder dan klik Kosongkan Tong Sampah.

Itulah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop Windows dan Mac yang paling sederhana. Baik laptop Windows maupun laptop Mac pasti tidak akan bekerja dengan baik jika terlalu banyak aplikasi di dalamnya. Untuk itu, pengguna harus benar-benar pandai memilih aplikasi mana yang sangat dibutuhkan dan mana yang tidak terlalu dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *