Cara Menghilangkan Iklan di Laptop yang Sering Muncul

  •  

Cara menghilangkan iklan di laptop perlu diketahui oleh para pengguna. Saat menjelajahi internet, iklan yang muncul secara tiba-tiba tentu saja akan mengganggu dan membuat jengkel. Adanya iklan ini seringkali membuat pengguna tidak nyaman selama mencari atau membaca suatu informasi.

Dalam banyak kasus, iklan yang muncul tiba-tiba ini juga disertai dengan notifikasi terkait situs tersebut. Mungkin beberapa pengguna merasa tidak masalah jika iklan hanya menutupi sebagian kecil layar. Tapi, apa jadinya jika iklan benar-benar menutupi satu layar secara penuh? Tentu saja hal ini sangat meresahkan dan merepotkan pengguna. 

Permasalahan mengenai iklan ini ternyata dapat diatasi agar tidak datang dengan mengejutkan lagi. Dengan mengetahui berbagai cara menghilangkan iklan di laptop, pengguna dapat lebih tenang saat menyelami dunia internet dan situs web. Ingin tahu cara apa saja yang dapat digunakan? Simak daftarnya di bawah ini:

1. Meng-uninstall Program Tidak Penting

Iklan yang muncul secara tiba-tiba di laptop bisa jadi disebabkan oleh aplikasi yang tidak terpercaya. Pasalnya, aplikasi yang abal-abal memang seringkali memunculkan iklan. Tidak hanya itu, aplikasi yang suka berjalan pada latar belakang juga sangat mungkin menjadi penyebabnya.

Umumnya, aplikasi semacam ini tidak diinstal secara langsung, tapi muncul secara tiba-tiba karena bawaan dari aplikasi lain. Selain itu, aplikasi yang sering memunculkan iklan juga namanya tidak terlalu familiar. Aplikasi jenis ini juga seringkali memiliki nama yang acak dan tidak memiliki ikon.

Dalam mengatasi hal ini, ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, menggunakan Control Panel. Cara mengatasi iklan yang sering muncul tiba-tiba di laptop adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Control Panel dengan mengetikkannya pada kolom search.
  2. Pilih Uninstall A Program.
  3. Pada halaman selanjutnya, pengguna akan melihat daftar aplikasi yang ada di laptop.
  4. Carilah aplikasi yang dirasa menjadi penyebabnya berdasarkan ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas.
  5. Jika sudah ketemu, klik kanan pada aplikasi dan pilih Uninstall.
  6. Tunggu proses uninstall hingga selesai dan program akan terhapus dari laptop dengan sendirinya.

Selain Control Panel, pengguna juga dapat meng-uninstall aplikasi lewat Chrome. Dengan menggunakan Chrome, program yang tidak diinginkan laptop atau mencurigakan akan terdeteksi. Chrome mampu menghapus software, mengubah setelannya, hingga menonaktifkan ekstensi aplikasi tersebut. Cara uninstall aplikasi lewat Chrome adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Chrome.
  2. Klik titik tiga pada pojok kanan atas lali klik Settings.
  3. Setelah masuk Settings, pilih Advanced.
  4. Pada bagian bertuliskan Reset and clean up, klik option Clean up computer.
  5. Selanjutnya, pilih Search atau Find. Jika muncul izin untuk menghapus aplikasi, klik Delete.

Setelah aplikasi berhasil di-uninstall, pengguna perlu me-restart laptop terlebih dahulu. Pengguna akan langsung merasakan hasilnya setelah laptop kembali dinyalakan. Untuk penjelasan lengkap terkait hal ini, silahkan baca cara uninstall aplikasi di laptop, baik Windows maupun macOS.

2. Mengatur Setelan Browser

Setelah menghapus aplikasi yang tidak terlalu perlu, pengguna perlu mengatur ulang setelan browser. Hal ini perlu dilakukan untuk kembali memastikan laptop tidak akan memunculkan iklan secara tiba-tiba. Cara mengatur ulang setelan browser sebenarnya hampir mirip dengan cara menghapus aplikasi lewat Chrome.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuk ke browser dari laptop.
  2. Pada bagian pojok kanan atas, klik menu Settings.
  3. Selanjutnya, klik menu Advanced dan scroll sampai Privacy and Security.
  4. Pada bagian tersebut, pilih Site Settings.
  5. Ada dua pilihan yang dapat diubah, yakni Ads untuk menghilangkan semua jenis iklan pada browser dan Pop-up and Redirects untuk menonaktifkan iklan pop-up.
  6. Pada panel Pop-up and Redirects, pengguna perlu menyalakannya dengan cara menekan tombol Allowed.
  7. Sementara itu, pada menu Ads, pilih Allowed untuk menghilangkan iklan yang membuat tidak nyaman.

Pada beberapa kasus, kemunculan iklan juga dapat disebabkan karena ekstensi aplikasi yang sudah dihapus. Jika terjadi demikian, pengguna dapat mengatasinya dengan menonaktifkan ekstensi. Cara menonaktifkan ekstensi adalah sebagai berikut

  1. Pada bagian kanan atas, pilih icon titik tiga.
  2. Klik Settings pada menu yang muncul.
  3. Setelah masuk pengaturan, pilih menu Extensions.
  4. Lalu, matikan tombol pada option Ekstensi yang dikehendaki.

3. Menghilangkan Virus

Menurut data dari PUSOPSKAMSINAS BSSN, sejak tanggal 1 Januari sampai 12 April 2020, sudah ada 88.414.296 serangan cyber yang terjadi. Dari total jumlah itu, sebanyak 56% kasus disebabkan oleh virus. Berdasarkan data tersebut, sudah diketahui bahwa virus merupakan salah satu serangan siber yang paling umum terjadi.

Virus laptop ini dapat datang dari mana saja. Mulai dari flashdisk, internet, hingga program yang diinstall dapat membawa virus. Ada banyak sekali jenis virus laptop yang harus diwaspadai. Salah satunya adalah virus Adware.

Virus Adware merupakan salah satu jenis virus yang dapat memunculkan iklan dengan tiba-tiba. Bahkan, virus ini mampu muncul di desktop tanpa diketahui. Untuk menghilangkan iklan, tentu saja pemilik laptop harus mendeteksi keberadaan virus dan menghilangkannya.

Cara menghilangkan virus juga sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka Windows Security.
  2. Untuk membukanya, pengguna dapat mengetikkan Windows Security pada kolom Search.
  3. Setelah membuka Windows Security, klik Virus & threat protection lalu klik Quick Scan.
  4. Selanjutnya, tunggu Windows Security melakukan scanning hingga selesai.
  5. Setelah selesai, hapus virus yang berhasil terdeteksi.
  6. Terakhir, restart laptop.

Sebenarnya, pemilik laptop tidak harus menggunakan Windows Security atau Windows Defender. Ada banyak sekali aplikasi antivirus yang dapat dicoba. Tapi, pastikan antivirus mampu bekerja dengan baik agar hasilnya lebih maksimal.

4. Menghapus File Temporary

Cara menghilangkan iklan di laptop selanjutnya adalah dengan menghapus File Temporary. File Temporary merupakan kumpulan data yang disimpan secara otomatis saat laptop dipakai. Data ini memiliki fungsi yang sangat beranekaragam. Salah satunya adalah menyimpan data-data atau iklan dari aplikasi secara otomatis.

Dengan begitu, menghapus File Temporary dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan iklan di laptop. Untuk menghapusnya, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pertama, klik Windows + R.
  2. Setelah itu, ketik temp dan klik OK.
  3. Setelah muncul suatu jendela baru, hapus seluruh folder dan file yang ada di sana.
  4. Selanjutnya, klik Windows + R lagi dan ketikkan %temp%.
  5. Klik OK dan kembali hapus seluruh folder dan file di sana.
  6. Terakhir, restart laptop dan rasakan perbedaannya.

5. Mengunduh Ulang Windows

Jika keempat cara menghilangkan iklan di laptop di atas belum berhasil, alternatif terakhir adalah dengan mengunduh ulang Windows. Dengan melakukan pengunduhan ulang terhadap Windows, dijamin 100% virus penyebab iklan akan hilang. Sayangnya, metode ini dapat menghilangkan semua data yang pernah tersimpan di Drive.

Dengan melakukan cara ini, laptop akan diformat ulang seperti baru lagi. Cara mengunduh ulang Windows juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuk ke BIOS dan tekan tombol F2 secara cepat.
  2. Setelah itu, cari opsi Tab Boot untuk mengatur booting awal.
  3. Kemudian, arahkan boot menjadi flashdisk.
  4. Lalu, simpan pengaturan BIOS dan klik Exit.
  5. Pilih Exit Saving Changes dan klik Yes.
  6. Kemudian, restart laptop.
  7. Setelah di-restart, laptop akan mulai melakukan booting pertama. Klik Enter dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  8. Lalu, pilih bahasa dan klik Next.
  9. Untuk mulai proses instalasi, klik Instal Now.
  10. Selanjutnya, isikan product key jika sudah punya. Jika belum punya, silahkan klik I don’t have a product key.
  11. Setelah itu, pilih tipe OS yang dikehendaki lalu centang kolom persetujuan dan klik Next.
  12. Untuk instal laptop dari awal, pilih Custom Advanced dan pilih partisi yang diinginkan. Jangan lupa untuk menghapus partisi lama (Data C).
  13. Buatlah partisi baru dan arahkan kursor pada bagian Primary.
  14. Klik Next dan tunggu transfer file instalasi hingga selesai.
  15. Laptop akan terinstal otomatis. Pengguna perlu mengisi data, kata sandi, dan lain sebagainya layaknya membeli laptop baru.

Panduan instalasi di atas masih sebatas panduan umum saja, belum mendetail. Untuk panduan lengkapnya, akan dibuatkan pada lain kesempatan agar lebih mudah dipahami.

Itulah beberapa cara menghilangkan iklan di laptop yang sering muncul tiba-tiba. Sebelum melakukan salah satu cara di atas, alangkah baiknya jika pengguna mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya, pasti akan lebih mudah mengatasinya. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *