Cara Masuk Safe Mode Windows 10 yang Pengguna Harus Tahu

Diposting pada

Windows 10 dilengkapi dengan safe mode yang  bisa digunakan untuk mengatasi masalah. Cara masuk safe mode Windows 10 cukup mudah dipahami oleh pengguna. Pada versi sebelumnya, untuk masuk ke safe mode adalah dengan menekan F8. Tapi pada Windows 10, seringkali cara ini tidak selalu berhasil.

Menariknya, ada lebih banyak cara untuk bisa masuk ke safe mode pada Windows 10. Ketika satu cara tidak berhasil, ada cara-cara lain yang bisa dijajal pengguna. Artikel kali ini akan menjelaskan apa itu safe mode dan bagaimana cara masuk safe mode Windows 10.

Apa Itu Safe Mode Windows 10 dan Manfaatnya?

Safe mode pada Windows 10 adalah sebuah fitur yang bisa digunakan oleh sistem operasi ini guna mengatasi permasalahan. Permasalahan yang dimaksud bisa jadi kerusakan pada Windows, memeriksa kerusakan pada driver, menghapus virus dan juga malware, melakukan restore, dan mengatasi permasalahan lain.

Pada saat safe mode diaktifkan atau dinyalakan, Windows bekerja pada kondisi minimal. Artinya hanya file dan driver yang penting saja yang aktif. Software tambahan juga mungkin tidak aktif. Setidaknya, ada 3 jenis safe mode yaitu safe mode standar, safe mode with networking, dan safe mode with command prompt.

Safe mode umumnya diperlukan ketika perangkat selesai melakukan uninstall software kemudian terjadi hang. Jika hal ini terjadi, uninstall bisa dilakukan melalui safe mode saja. Kemudian, ketika ingin mengecek apakah perangkat terserang malware atau virus. Melalui safe mode, bisa mendeteksi kondisi perangkat. Jika ada virus atau malware, menghapusnya bisa dari fitur safe mode ini.

Pengetahuan tentang safe mode ini penting diketahui pengguna agar bisa mengatasi masalah yang terjadi pada sistem operasi di perangkat. Dengan mengetahui hal ini, ketika ditemukan error, maka tidak perlu buru-buru melakukan install ulang yang berpotensi menghapus beberapa data. Safe mode bisa diibaratkan screening awal terhadap masalah pada sistem operasi.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Mudah

Menu atau opsi safe mode tidak akan tampak pada screen perangkat ketika pengguna login. Tapi menu ini harus “dipanggil”. Menariknya, Windows 10 memiliki banyak pilihan cara masuk ke safe mode. Pengguna memiliki lebih banyak opsi jika opsi yang lain gagal.

Cara masuk safe mode Windows 10 yang mudah adalah sebagai berikut:

1. Melalui Tombol F8

Ini adalah cara yang paling sederhana dan sudah berlaku sejak era Windows tahun 1995. Untuk bisa masuk ke safe mode melalui F8, maka tombol ini perlu ditekan berulang-ulang ketika sedang proses booting. Detail caranya adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan komputer dan masuklah seperti biasa.
  2. Tunggu hingga layar BIOS muncul.
  3. Masuk ke layar hitam (mirip seperti pada layar BIOS).
  4. F8 ditekan berulang-ulang.
  5. Muncul box pilihan, pilih safe mode.
  6. Berhasil masuk ke safe mode.

Tombol F8 ini merupakan cara yang paling umum dilakukan sejak versi Windows Vista dan masih bisa dicoba di Windows 10. Dengan menekan F8, pengguna akan masuk ke berbagai pilihan safe mode. Tombol F8 ini bisa ditekan ketika komputer sedang booting atau pada saat komputer menyala dan menampilkan informasi mengenai hardware atau memori.

2. Masuk dari Advance Setup

Advance setup juga salah satu menu yang bisa digunakan untuk masuk ke safe mode Windows 10. Cara ini juga cukup mudah dipahami dan pastinya bisa dilakukan sendiri oleh para pengguna. Berikut ini adalah cara masuk safe mode Windows 10 melalui advance setup:

  1. Klik Start dari perangkat kemudian masuk ke menu Setting.
  2. Dari Setting, masuklah ke menu Update & Security.
  3. Setelah masuk, pilihlah menu Recovery yang letaknya di bar kiri. Muncul fitur Restart Now yang letaknya di bawah Advanced Startup, lalu klik.
  4. Lanjutkan dengan klik tombol Troubleshoot, kemudian lanjutkan dengan memilih Advanced Option, dan dilanjutkan lagi dengan memilih Startup Setting.
  5. Akan muncul menu safe mode. Klik dan masuk.

3. Melalui MSConfig

System Configuration Tools atau yang biasa disebut MSConfig juga merupakan salah satu cara masuk ke safe mode di Windows 10. Pengguna bisa memilih masuk dengan cara ini jika kedua cara di atas tidak berhasil. Berikut rincian cara masuk safe mode Windows 10 melalui MSConfig:

  1. Buka Windows System Configuration Tool dari Run. Caranya dengan menekan tombol Windows+R di keyboard secara bersamaan. Pada kotak Open, ketiklah msconfig lalu OK.
  2. Ketika sudah masuk ke Windows System Configuration Tool, pilih menu tab Boot.
  3. Setelah masuk, akan ditemukan pilihan Boot Option. Berikan tanda centang pada kotak Safe Boot di bawahnya, kemudian tick juga pilihan Minimal di bawahnya.

Sebagai catatan, ada 4 pilihan safe mode di sana yaitu Minimal, Alternate Shell, Network, dan Active Directory Repair. Berikut penjelasannya:

  • Minimal digunakan sebagai opsi standar masuk safe mode.
  • Alternate Shell merupakan fitur masuk ke safe mode dari command prompt.
  • Network adalah cara masuk ke safe mode lewat Networking.
  • Sementara itu, Active directory Repair artinya untuk melakukan repair pada Active Directory Server.

Dari semua pilihan yang ada, disarankan untuk memilih Minimal saja. Selanjutnya, klik Apply kemudian klik OK. Terakhir, tinggal Restart Windows 10 maka pengguna akan langsung masuk ke menu safe mode.

4. Dari Login Screen

Beberapa pengguna mungkin sering gagal ketika mencoba masuk ke login screen atau mencoba akses ke sistem. Maka, cara yang akan diuraikan kali ini diharapkan bisa membantu. Untuk bisa masuk ke login screen dengan tujuan masuk ke safe mode, lakukan hal ini di awal:

Tekan tombol Shift + Restart secara bersamaan. Langkah detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan restart pada perangkat kemudian tunggu sampai login screen atau sign-in screen muncul.
  2. Ketika sudah ada pada login screen, pada keyboard tekanlah tombol Shift kemudian tahan dan jangan dilepas.
  3. Klik logo power icon di bagian kanan bawah layar, kemudian klik Restart.
  4. Tunggu sebentar sampai masuk ke WinRe Screen.
  5. Setelah masuk, lanjutkan dengan memilih menu Troubleshoot, dilanjutkan dengan Advance Option, kemudian Startup Setting lalu klik Restart.
  6. Ketika sistem melakukan restart, akan muncul Windows Startup Option. Pilihlah safe mode yang sesuai dengan kebutuhan.
  7. Tunggulah hingga sistem masuk ke safe mode. Proses masuk ke safe mode lewat MSConfig selesai.

Sebagai informasi tambahan, Windows 10 memiliki beberapa versi mengingat ini adalah sistem operasi terakhir. Oleh karenanya, yang dilakukan Microsoft adalah memperbarui versi 10 ini. Nah, pada beberapa versi Windows 10 ditemukan atau ada cara-cara lain untuk bisa masuk ke safe mode, antara lain:

  1. Menekan F4 atau 4 pada keyboard lalu pengguna langsung masuk ke safe mode.
  2. Menekan F5 atau 5 pada keyboard untuk bisa boot safe mode dari Networking.
  3. Menekan F6 atau 6 pada keyboard untuk masuk lewat Command Prompt.

Kesimpulannya, ada beberapa pilihan cara masuk safe mode Windows 10 yang mudah dan praktis. Banyaknya cara masuk ke safe mode inilah yang menjadi keunggulan Windows 10 dibanding pendahulunya. Pengguna semakin dimudahkan dalam mendeteksi masalah yang terjadi pada sistem operasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *