Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk dan DVD

Diposting pada

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer dari Microsoft yang terbaru dan sangat populer. Hampir semua komputer yang ada di dunia kini ingin beralih ke Windows 10 karena keunggulan dan keamanannya. Cara install Windows 10 ternyata bisa dilakukan tanpa harus membeli perangkat baru, loh.

Fitur-fitur yang ada pada Windows 10 memang modern dan canggih sehingga sangat kompatibel dengan tuntutan zaman digital ini. Selain itu, Windows 10 juga cocok untuk para gamers karena dilengkapi dengan game mode yang mumpuni. Makin penasaran bagaimana cara install Windows 10 di perangkat yang ada? Yuk, baca artikel ini.

Persiapan Sebelum Install Windows 10

Cara install Windows 10 terbilang cukup mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Tetapi tetap saja ada beberapa persiapan sebelum proses instalasi dilakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan kelancaran proses instalasi Windows 10 sampai selesai.

Persiapan yang harus dilakukan salah satunya adalah melakukan backup data pribadi. Perlu diingat bahwa semua data yang ada di folder C akan dihapus. Itulah sebabnya pindahkan dulu data ke folder lain atau hardisk lain agar data yang penting tetap terjaga.

Kemudian, perlu juga mengetahui spesifikasi minimum dari perangkat yang kompatibel untuk diinstal Windows 10. Minimum spesifikasi dari perangkat setidaknya seperti uraian ini atau di atasnya:

  • Processor : 1 gigahertz (GHz)/lebih tinggi
  • RAM : 1GB untuk 32-bit dan 2GB untuk 64-bit
  • Hardisk : 16GB untuk 32-bit dan 20GB untuk 64-bit
  • Graphics Card : DirectX 9
  • Display : 800 x 600

Tipe prosesor juga harus dipastikan dulu karena ini menentukan bisa tidaknya proses install dilakukan. Caranya dengan masuk ke Windows Explorer pada PC kemudian lihat Properties pada menu This PC. Akan muncul disana System Type. Sesuaikan jenis Windows 10 yang nantinya diinstal berdasarkan System Type ini.

Pilihan Cara Install Windows 10

Seperti disinggung di atas bahwa tidak perlu membeli perangkat baru yang sudah dilengkapi dengan Windows 10 karena instalasi di perangkat yang sudah ada bisa dilakukan. Ada beberapa pilihan cara install Windows 10 yang bisa dilakukan sendiri di rumah setelah memenuhi persiapan di atas.

Berikut ini adalah beberapa pilihan caranya:

Dengan Flashdisk

Cara install Windows 10 dengan flashdisk bisa dilakukan asalkan flashdisk sudah berisi unduhan sistem operasi windows 10 hasil booting. Tapi jika belum memilikinya, maka lakukan bootable dulu pada flashdisk.

Bootable ini ada mengubah flashdisk menjadi media penyimpanan sistem operasi windows (atau bisa juga sistem operasi lain). Jadi, instalasi dengan flashdisk yang dimaksud adalah flashdisk bootable.

Bootable ini juga bisa dilakukan sendiri dan caranya bisa dibaca pada artikel Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10. Selanjutnya adalah proses instalasi Windows 10 dengan bootable flashdisk ini. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Masuk BIOS dengan cara menekan berulang-ulang tombol Del atau F2 atau Esc pada keyboard (setiap laptop bisa memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke BIOS). Cari tahu di manual book laptop.
  2. Pilih tab Boot lalu pilih Boot Option.
  3. Atur media bootable menjadi flashdisk. Caranya, tekan tombol F5 atau + sampai flashdisk berada di urutan paling atas booting. (Intinya, tempatkan flashdisk pada posisi paling atas media booting).
  4. Simpan pengaturan dengan masuk ke tab Exit lalu pilih Exit Saving Changes dan pilih Yes.
  5. Tunggu sampai restart process selesai dan komputer akan siap diinstal Windows 10.
  6. Setelah muncul pop-up box ubah Time and currency format menjadi Indonesian (Indonesia) dan klik Next.cara install windows 10
  7. Di halaman selanjutnya, Anda bisa langsung klik Install Now.
  8. Input Key Product. Namun jika tidak punya Key Product, maka klik saja I don’t have a product key.cara install ulang windows 10
  9. Selanjutnya, setujui ketentuan penggunaan dengan menekan tombol Accept the license terms kemudian klik Next.cara install windows 10 dengan flashdisk
  10. Selanjutnya, jika ingin mempertahankan pengaturan, file, dan aplikasi, maka klik Upgrade. Namun jika ingin memuat ulang dan melakukan install Windows 10 klik Custom.cara install ulang windows 10 dengan flashdisk
  11. Jika memilih Custom, Anda harus melakukan partisi hardisk Windows 10. Silahkan hapus 2 partisi yang berada di urutan paling atas dengan cara klik partisi lalu klik Delete.cara install windows 10 dari usb
  12. Setelah kedua partisi di atas dihapus, buat partisi baru. Klik partisi Unallocated space > New > Apply. Jika muncul jendela Windows setup, klik Ok saja.cara install windows 10 di ssd
  13. Klik partisi nomor 2 lalu klik Next untuk memulai install Windows 10.cara clean install windows 10
  14. Tunggu proses instalasi selesai, yang biasanya memakan waktu kurang lebih 1 jam.cara install ulang windows 10 original
  15. Setelah proses ini, klik Express Setting untuk melakukan pengaturan sesuai dengan rekomendasi dari Windows. cara install windows 10 lewat flashdisk
  16. Proses pun selesai.

Install Dari DVD

Sebenarnya, instalasi dari DVD sudah tidak bisa lagi dilakukan untuk versi terbaru Windows 10 yang ukuran filenya lebih dari 5 GB atau file jenis 64-bit. Tetapi pada komputer-komputer yang kondisinya hanya memungkinkan instalasi file di bawah 5 GB, maka bisa dipilih file Windows 10 32-bit yang ukurannya 4,7 GB. Windows 10 32-bit ini bisa diinstal ke komputer dengan menggunakan DVD.

Seperti halnya instalasi dengan flashdisk, maka DVD/CD yang digunakan adalah bootable DVD/CD. Tapi jika belum ada, maka harus dibuat dulu bootable DVD/CD-nya. Caranya adalah dengan mengunduh dulu file ISO Windows 10 kemudian pilih yang sesuai yaitu Windows 10 32-bit. Setelah muncul pop-up klik save. Setelah itu baru bootable DVD/CD bisa dilakukan dengan menggunakan Rufus/PowerISO.

Proses install Windows 10 dari DVD ini sama saja kok dengan proses sebelumnya. Bedanya, saat memilih boot option, Anda memilih CD/DVD sebagai media booting utama. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan di atas untuk proses selanjutnya.

Upgrade dari Windows 7

Pada 14 Januari 2020 lalu, dukungan Microsoft terhadap Windows 7 resmi dihentikan. Memang disayangkan karena Windows 7 masih disukai oleh pengguna sekitar 30%. Walaupun dukungan berhenti, sistem operasi Windows 7 tetap bisa dipakai. Nah, agar pengguna tetap mendapatkan dukungan dari Microsoft, maka disarankan meng-upgrade Windows 7-nya ke Windows 10.

Cara install Windows 10 dari Windows 7 bisa dilakukan bahkan secara gratis, lho. Memang, dukungan untuk upgrade gratis ke Windows 10 sudah berhenti di tahun 2016. Namun, upgrade gratis tetap bisa dilakukan melalui perangkat yang telah menjalankan atau memiliki Windows 7 atau 8 yang legal. Inilah cara yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 10 dari Windows 7.

Langkah untuk melakukan instalasi adalah sebagai berikut:

  1. Log in ke web download Windows 10 dan pilih Download Tool Now agar bisa mengunduh Media Creation Tool Windows 10.
  2. Tunggu sampai proses download selesai kemudian buka file yang diunduh tadi untuk menerima syarat dan ketentuan.
  3. Selanjutnya, pilih menu Upgrade this PC Now kemudian klik Next.cara upgrade windows 7 ke windows 10
  4. Lanjutkan dengan memilih Keep Personal files and Apps jika ingin mempertahankan setelan yang ada sebelumnya.cara upgrade dari windows 7 ke windows 10
  5. Klik Install. Tunggulah kurang lebih 1 jam dan beberapa kali proses restart.
  6. Setelah selesai, buka Setting pada komputer kemudian gulirkan ke Windows Update. Gulirkan lagi ke Activation lalu aktivasi lisensi digital Windows 10 di sana.
  7. Opsi lain adalah dengan memasukkan lisensi digital Windows 7 yang legal jika sebelumnya tidak pernah melakukan aktivasi sistem operasi dengan versi lama ini.
  8. Pastikan lisensi benar-benar cocok dengan cara buka kembali Setting lalu pilih Update & Security kemudian pilih Activation.
  9. Proses selesai.

Itulah tadi beberapa pilihan cara install Windows 10 yang bisa dilakukan tanpa harus menukar perangkat lama ke perangkat baru. Cara-cara di atas bisa menjadi solusi praktis dan tentunya lebih aman untuk isi dompet, khususnya pada situasi seperti sekarang ini. Belum lagi, cara-cara yang disebutnya dirasa lebih efektif ketimbang membeli perangkat lagi.

Oh ya, bagi Anda yang baru saja menginstall Windows 10 dan ingin melakukan aktivasi, silahkan baca Cara Aktivasi Windows 10. Dalam artikel tersebut, Anda bisa memilih cara yang menurut Anda paling mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *